Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan mengenai strategi pembelajaran tahsin dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur'an, tentang proses membaca al-Qur'an dan mengulas tentang kemampuan membacal al-Qur'an di SMPIT Al-HIkmah Depok. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitiannya yaitu Guru Tahsin di Kelas VII SMPIT Al-Hikmahdan informannya adalah Wakil Kepala Kurikulum Bidang Qur'an, Pesera Didik Kelas VII, serta Guru Tahsin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan berdasarkan analisis deskriptif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan metode yang digunakan oleh guru tahsin dalam pembelajaran adalah metode Al-Hikmah, kemudian strategi pembelajran dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur'an di SMPIT Al-Hikmah khususnya pada Kelas VII yaitu: adanya program MMT, pengelompokkan peserta didik, pembiasaan membaca al-Qur'an bersama-sama sebelum pembelajaran dimulai.