Abstrak
Penulis melakukan penelitian dalam ruang lingkup Fakultas Agama Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA untuk mengetahui sejauh mana kemampuan mahasiswa dalam Implementasi Metode Tahsin Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur?an Bagi Mahasiswa Semester 1 Tahun 2022 ? 2023 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA sudah berjalan dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Dosen Matakuliah Tilawah dan Perwakilan Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Semester 1 Tahun 2022 ? 2023. Pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan melakukan wawancara secara offline dan online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Mahasiswa mampu membaca Al-Qur?an sesuai dengan kaidahnya. Mayoritas mahasiswa banyak yang lulusan dari pondok pesantren dan sekolah madrasah yang membuat mereka mudah memahami materi. 2) Tidak mengalami kesulitan dalam pembelajaran matakuliah tilawah. Walaupun masih ada beberapa mahasiswa mengalami kesulitan dalam menerima materi dan kemampuan membacanya belum baik. Namun kesulitan itu ada faktor yang mempengaruhi banyak diantaranya pada diri mahasiswa masing-masing serta beberapa mahasiswa yang lulusan dari sekolah SMA/SMK. Untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur?an dilakukan dengan dua cara yaitu pree test dan post test. Pree test dosen membuat kelompok tutor teman sebaya agar mahasiswa yang belum lancar membaca bisa belajar dengan temannya. Kemudian post test nya yaitu ujian praktek membaca Al-Qur?an pada saat UTS dan UAS.