Abstrak
Pentingnya membaca Al-Qur?an yaitu akan baik jika dimulai sejak dini, maka sebagai seorang muslim kita harus memiliki kemampuan membaca Al-Qur?an, oleh sebab itu penguasaan dalam membaca Al-Qur?an dapat ditunjukan dalam kemampuan melalui Santri TPA Al-Hasanah yang ada di Mampang Prapatan Jakarta Selatan ini, bahkan jika perlu pada seluruh Santri TPA yang ada di kehidupan kita sehari-hari. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna pada data yang dikumpulkan dan menarik kesimpulan darinya. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber. Hasil penelitian membuktikan 70% anak-anak santri TPA Al-Hasanah yang aktif dalam proses belajar mengajar berlangsung. Strategi yang digunakan dalam meningkatkan keaktifan belajar santri TPA Al-Hasanah terbukti Efektif dalam mengatasi santri yang hanya 70% aktif karena lapar, lelah, jenuh, bosan. yaitu selain dengan menggunakan metode mengajar ceramah dan iqra?, guru juga memberikan metode tambahan yaitu metode cerita, dramatisasi, dan ditambahkannya kelas privat, klasikal, serta tambahan hiburan dengan tontonan video yang sesuai pada kurikulum santri lalu ajakan santri membaca sholawat bersama dan bernyanyi lagu-lagu islami bersama, praktek sholat bersama pada hari jum?at, hal ini terbukti menjadi angka yang begitu bagus yaitu 99% tingkat keaktifan belajar santri TPA Al-Hasanah menjadi meningkat. Fasilitas TPA sangat berpengaruh dalam bentuk operasional proses belajar mengajar mereka berlangsung, memasukan kegiatan libur kekosongan santri, bentuk perhatian kepala TPA Al-Hasanah keramahan guru-guru yang mudah akrab terhadap orang tua santri TPA Al-Hasanah, dan dorongan orang tua santri mereka sendiri.