Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat baca al-Qur?an siswa dan faktor apa saja yang menjadi penghambat serta pendukung dari strategi yang dirancang dan digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam tersebut. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu melalui wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Adapun subjek dari penelitian ini yaitu guru Pendidikan Agama Islam kelas 5 dan siswa/I kelas 5 SDN Cempaka Putih Barat 07 Jakarta Pusat yang terdiri dari tiga kelas. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang dirancang dan digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkat minat baca al-Qur?an siswa/I kelas 5 beragam, seperti melakukan tadarus sebelum pembelajaran, memberikan tugas hafalan surat-surat pendek, memberikan hadiah bagi yang dapat menghafalkannya, dan juga menayangkan video-video yang dapat meningkatkan minat baca al-Qur?an siswa. Terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat terhadap strategi guru Pendidikan Agama Islam tersebut, yaitu seperi sarana dan prasarana, kondisi kelas, dan penggunaan gadget.