Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode make a match pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Cimahi Selajambe. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun subjek dan objek penelitian ini adalah Guru Mata Pelajaran PAI dan Siswa kelas IV, V dan VI di SDN Cimahi Selajambe. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi metode make a match pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Cimahi Selajambe berjalan dengan baik, lancar, efektif dan membuat pembelajaran menjadi menyenangkan bagi siswa selain itu dapat membuat suasana kelas menjadi hidup, serta dapat memicu meningkatkan motivasi dan semangat siswa untuk belajar sehingga siswa tidak lagi merasa bosan dan malas-malasan saat belajar. Pelaksanaan metode make a match dimulai dari guru menjelaskan materi lalu siswa diberi kartu, lalu siswa mencari pasangan dari kartu yang didapatnya, setelah semuanya maju guru memberi kesimpulan dan menutup kelas. Pengaruh positif lainnya dari implementasi metode make a match pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam ini yaitu membuat siswa menjadi aktif dikelas, melatih skill komunikasi interaksi dan kerja sama antar siswa, melatih kepercayaan diri dan mental siswa untuk berbicara didepan umum serta meningkatkan hasil belajar siswa.