Abstrak
SMA Negeri 74 Jakarta termasuk salah satu sekolah yang sudah menerapkan kurikulum merdeka belajar sejak tahun 2022. Kurikulum merdeka belajar diterapkan di semua mata pelajaran termasuk pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti. Penelitian Ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai implementasi perencanaan pembelajaran dalam kurikulum merdeka belajar yang dilakukan oleh guru pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMA Negeri 74 Jakarta. Penelitian ini didesain dalam bentuk kualitatif deskriptif, dengan lokasi penelitian di SMA Negeri 74 Jakarta. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yakni reduksi data, teknik penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Guru Pendidikan agama Islam dan budi pekerti mengikuti pelatihan dan workshop guru mengenai kurikulum merdeka belajar, (2) Menyiapkan komponen pembelajaran berbasis kurikulum merdeka belajar (Membuat dan menyiapkan modul ajar serta perangkat, media, dan sumber belajar), (3) Merancang asesmen yang akan diterapkan dalam pembelajaran berbasis kurikulum merdeka belajar, (4) Mendampingi siswa dalam program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, (5) Merancang program kegiatan keislaman di sekolah.