Abstrak
Penelitian ini berkaitan dengan pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama islam masih terdapat beberapa guru yang belum menguasai dana ahli dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis TIK sehingga membuat pembelajaran hanya dilaksanakan menggunakan buku sebagai sumber belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis TIK pada mata pelajaran PAI di SMAN 38 Jakarta Selatan. Jenis penelitian ini yaitu berjenis kualitatif deskriptif, dengan Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan efektifitas penggunaan media pembelajaran berbasis TIK pada mata pelajaran PAI sudah sesuai dengan teori, dapat dilihat dari keseusain media yang ditampilkan dengan tujuan pembelajaran, ketepatan media pembelajaran berbasis TIK yang ditampilkan dengan materi pembelajaran, media yang digunakan dalam pembelajaran tersedia dan mudah didapat, biaya yang dikeluarkan dalam penggunaan media berbasis TIK sesuai dengan manfaat yang dihasilkan, kemampuan guru menggunakan fasilitas media pembelajran berbasis TIK yang tersedia sebagai media pembelajaran, ketepatan desain media yang digunakan seperti warna, suara, dan gambar yang ditampilkan jelas. Adapun kendala yang dihadapi dalam menerapkan media pembelajaran berbasis TIK yakni berupa kendala dalam hal teknis seperti fasilitas yang terkadang tidak dapat digunakan. Adapun upaya yang dilakukan oleh guru dalam menangani masalah dalam penerapan media pembelajaran berbasis TIK di kelas dengan terus meningkatkan skill dan mengikuti pelatihan tentang TIK.