Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa persepsi guru PAI dan siswa kelas VII mengenai profil pelajar pancasila dalam implementasi pembelajaran PAI di SMP Negeri 220 Jakarta. Untuk menemukan jawaban dari rumusan masalah yang ada, peneliti mendesain dengan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan Triangulasi Teknik dan Triangulasi Sumber. Temuan hasil dalam penelitian ini adalah 1. Persepsi siswa tentang profil pelajar pancasila dalam implementasi pembelajaran PAI (Para siswa kelas 7 sudah baik memahami makna dari profil pelajar pancasila, memiliki tujuan memperkokoh keimanan dan ketakwaan siswa terhadap agama Islam dan kompetensi lainnya, serta bermanfaat dalam kehidupan siswa. Mereka mempersepsikan Profil pelajar pancasila sangat penting dan berdampak positif dalam diri siswa, serta merasa senang dengan adanya profil pelajar pancasila ini. Dalam proses belajar guru masih menggunakan metode ceramah, dengan berbagai media belajar, dan menerapkan pembiasaan yang bernilai ajaran agama Islam). 2. Persepsi Guru PAI dan Wakil kepala sekolah tentang profil pelajar pancasila dalam implementasi pembelajaran PAI (Memahami makna profil pelajar pancasila sebagai pemantapan karakter siswa dengan kegiatan berbasis projek dan memiliki keunikan banyak kegiatan projek atau praktek serta sangat penting diterapkan di sekolah. Proses belajar dengan media belajar, materi ajar, metode belajar, dan pembiasaan yang bernilai ajaran agama Islam. Terdapat faktor penghambat dan pendukung dalam pengimplementasian nilai pelajar pancasila).