Abstrak
Beragam metode pembelajaran tentunya berpengaruh pada kemampuan motorik siswa. Guru mata pelajaran PAI memiliki tugas yang cukup berat dikarenakan seringnya menggunakan metode ceramah berdampak pada kemampuan keterampilan siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan metode pembelajaran menggunakan demonstrasi pada materi sholat di SDN Sukatani 4 Depok. Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan psikomotorik siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Sukatani 4 Depok. Hal itu dapat dilihat dari cara belajar siswa yang lebih mudah memahami melalui praktek pada materi sholat. Implementasi metode demonstrasi yang dilakukan guru dalam menjalankan pembelajaran menggunakan beberapa cara, tahap 1) Guru menjelaskan materi sholat sesuai yang ada di buku menggunakan media proyektor, tahap 2) Guru memperagakan gerakan sholat kepada siswa. 3) siswa memperagakan gerakan sholat sesuai yang diperagakan oleh guru.