Abstrak
Di Indonesia Boyband dan Girlband Korea atau yang biasa dikenal dengan K-pop (Korean Pop) masih sangat populer. Saat ini Boyband yang sangat populer di kalangan remaja khususnya wanita yaitu, BTS atau Bangtan Sonyeondan. Individu penggemar K-Pop biasanya sering kali membeli sesuatu barang yang berhubungan dengan idolanya mulai dar photocard, lightstick, dan pernak-pernik lainnya. Hal ini dapat menimbulkan perilaku pembelian kompulsif. Pembelian kompulsif sendiri dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah Celebrity Worship. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara celebrity worship dengan pembelian kompulsif pada remaja penggemar BTS. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengambil sampel remaja wanita sebanyak 201 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini pada variabel celebrity worship menggunakan Celebrity Attitude Scale (CAS) 2006 dan variabel pembelian kompulsif menggunakan Compulsive online shopping scale (COSS) 2015. Berdasarkan hasil analisis pearson correlation, didapatkan nilai koefisian R sebesar 0.773 dengan nilai probability value 0.000 (p<0.001). Hal ini menunjukan ada hubungan positif signifikan antara celebrity worship dengan pembelian kompulsif. Oleh karena itu, peneliti menerima hipotesis alternatif (Ha) dan menolak hipotesis null (Ho). Berarti semakin tinggi celebirity worship maka semakin tinggi pula pembelian kompulsif pada remaja wanita penggemar BTS.