Abstrak
PT. Bank Negara Indonesia memiliki tanggung jawab sosial kepada masyarakat sekitar untuk mempertahankan citra perusahaan. Mempertahankan Citra merupakan segala usaha yang dilakukan untuk mempertahankan sekaligus meningkatkan citra positif perusahaan. Citra yang terbentuk secara baik di mata masyarakat tentu akan memudahkan perusahaan menjalankan praktek bisnisnya di tengah lingkungan masyarakat. Salah satu cara meningkatkan citra perusahaan adalah dengan melakukan program Corporate Social Responsibility. Adapun desain penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teori stakeholder.
Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme serta metode studi kasus. Subyek penelitian ini adalah impelemnasi corporate social responsibility BNI Berbagi dalam bidang Pendidikan yang dilakukan oleh PT. Bank Negara Indonesia. Tenik pengumpulan data mengunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode dan teori untuk memvalidasi data dari hasil temuan yang didapatkan.
Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa CSR yang dilakukan PT. Bank Negara Indonesia mampu memberikan manfaat besar sehingga program BNI berbagi ini dapat mempertahankan citra yang baik bagi perusahaan hal ini bisa dilihat dari terpenuhinya indikator pembentuk citra perusahaan yaitu Advertising, Public Relation, Physical Image dan telah memiliki SOP khusus mengatur tentang program TJSL. Penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi referensi dalam pengembangan corporate social responsibility dan dapat menjadi perhatian agar perusahaan lebih peduli terhadap kegiatan tanggung jawab sosial yang dilakukan.