Abstrak
Kemiskinan merupakan masalah yang dihadapi oleh seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia. Salah satu penyebab kemiskinan adalah kurangnya pendapatan dan aset untuk memenuhi kebutuhan dasar, seperti makanan, pakaian, perumahan, dan pendidikan yang belum terpenuhi sehingga banyak Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang menjadi pelaku kejahatan. Maka rantai kemiskinan itu harus segera diputus dengan memberikan pendidikan formal dan informal, yang sudah dilakukan oleh salah satu organisasi non pemerintah yang bernama Sekolah Master Indonesia. Dalam skripsi ini, peneliti akan membahas mengenai strategi community relations Sekolah Master Indonesia dalam menangani anak miskin kota di Depok dengan menggunakan metode penelitian kualitatif serta teori stakeholder sebagai teori utama. Untuk mendukung teori utama, penelitian ini menggunakan teori community relations yang berfokus pada manajemen strategis dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dengan pihak Sekolah Master Indonesia.
Hasil penelitian berupa pemindaian lingkungan (environmental scanning) yang dilakukan untuk mengamati dan mencari informasi yang ada di dalam dan di luar organisasi agar dapat menentukan dan menetapkan masa depan sebuah organisasi, formulasi strategis (strategic formulation) yang dilakukan untuk mengembangkan setiap hal yang direncanakan agar bisa dilakukan secara terus menerus sesuai tujuan bersama, implementasi strategi (strategy implementation) yang dilakukan untuk mewujudkan program yang telah direncanakan, evaluasi dan kontrol (evaluation and control) yang dilakukan pada akhir proses perencanaan agar dapat mengetahui kinerja dari sebuah organisasi.
Penelitian ini mengangkat tema kemiskinan yang ada di Indonesia, penulis berharap masyarakat Indonesia khususnya pembaca dapat lebih memahami bahwa pendidikan formal dan informal itu sangat penting dalam menjalani kehidupan agar masyarakat mempunyai ?nilai? yang bermanfaat untuk diri sendiri dan lingkungan sekitar.