Abstrak
Rencana penerapan Electronic Road Pricing (ERP) oleh Pemprov DKI Jakarta merupakan isu yang menuai pro dan kontra dan sangat ramai diperbincangkan oleh kalangan media online pada Januari-Februai 2023. Pada dasarnya setiap media online memiliki kepentingan yang berbeda. Karena itu perspektif yang disajikan kepada khalayak juga berbeda. Dalam memberitakan penerapan ERP Suara.com dan Viva.co.id juga memberitakan isu ini. Keduanya membuat framing yang berbeda. Penelitian ini bertujuan memahami cara Suara.com dan Viva.co.id dalam membingkai isu ERP dan mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi framing yang dilakukan oleh kedua media tersebut. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme. Pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, studi pustaka, dan studi dokumentasi. Metode analisis framing Robert N. Entman. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu analisis teks, produksi teks, dan analisis konteks. Adapun analisis teks mencakup define problem, diagnose causes, make moral judgement dan treatment recommendation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Suara.com membingkai berita dengan sisi pandangan yang pro terhadap isu ERP, sedangkan Viva.co.id membingkai dengan sisi pandangan kontra terhadap isu ERP.