Abstrak
Komunikasi merupakan proses penyampaian pesan berdasarkan pikiran atau
perasaan kepada orang lain dengan bahasa sebagai alat penyalurnya. Corporate
Social Responsibility (CSR) merupakan program wajib yang harus dimiliki oleh
setiap perusahaan, dimana didalam proses CSR tersebut terdapat komunikasi yang
terjadi antar karyawan dan pemangku kepentingan PT. IK Precision Indonesia,
dengan pembahasan mengenai inovasi yang baru yang akan dikeluarkan dan
berbeda dari yang sebelumnya. Melalui program CSR perusahaan dengan
pemanfaatan disposal aset perusahaan yaitu komputer. Program CSR ini aset yang
didisposalkan akan diberikan kepada sekolah yang membutuhkan bantuan
pendidikan. Program ini akan menjadi program berkelanjutan. Sehingga penelitian
ini bertujuan untuk memahami komunikasi CSR PT. IK Precision Indonesia
Melalui Inovasi Berkelanjutan Program Disposal Aset Untuk SDN Sertajaya 02.
Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme untuk dijadikan
sebagai landasannya, di dalam penelitian ini peneliti juga menggunakan konteks
komunikasi organisasi serta teori yang digunakan adalah teori komunikasi CSR
karena penelitian ini ingin melihat bagaimana komunikasi CSR PT. IK Precision
Indonesia melalui inovasi berkelenjutan program disposal aset untuk SDN
Sertajaya 02.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kualitatif
deskriptif. Untuk pengumpulan data penulis menggunakan wawancara mendalam,
observasi, dan studi pustaka.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa program CSR PT. IK Precision
Indonesia merupakan hasil inovasi baru dari perusahaan ternyata dapat membuat
citra positif dari PT. IK Precision Indonesia meningkat, dan juga perusahaan dapat
memanfaatkan aset yang dimilikinya secara maksimal. Melalui program CSR ini
pula PT. IK Precision Indonesia dapat mendukung pendidikan di SDN Sertajaya 02
Cikarang Timur.