Abstrak
Dimas atau biasa dipanggil ?Kang Daging? selaku pemilik akun @dimsthemeatguy merupakan content creator yang aktif pada media sosial, salah satunya Instagram. Konten yang ia buat adalah konten dalam bentuk video yang mengulas tentang kuliner daging. Ia ingin konten-kontennya dapat bermanfaat dan dapat meng-influence banyak orang untuk bisa makan enak dan lebih paham tentang dunia kuliner daging yang sebenarnya. Adapun tujuan penelitian pada penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh Marketing dalam Konten Akun Instagram @dimsthemeatguy terhadap Pengetahuan Followers Mengenai Kuliner Daging.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis ekplanatif. Penelitian ini menggunakan teori S-O-R dan AIDDA. Penelitian ini menggunakan survey sebagai metode penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah followers akun Instagram @dimsthemeatguy dan menggunakan 100 responden sebagai sampel penelitian yang dihitung menggunakan rumus taro yamane, dan peneliti menggunakan metode purposive sampling sebagai teknik sampling.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Ha diterima atau dengan kata lain terdapat pengaruh Marketing dalam Konten Akun Instagram @dimsthemeatguy terhadap Pengetahuan Followers Mengenai Kuliner Daging. Hal ini dibuktikan dengan dilakukannya uji hipotesis yang menyatakan bahwa nilai sig adalah 0,000
< 0,05, dan nilai t hitung > t tabel yaitu 11,175 > 1,660.
Untuk penelitian selanjutnya, disarankan agar menggunakan metode penelitian kualitatif yang sekiranya bisa mendapatkan data yang lebih rinci agar penelitian tersebut bisa menjadi bahan bacaan dan referensi tambahan pada bidang ilmu komunikasi dan menggunakan teori brand expression Van gelder serta konsep efektivitas untuk dapat mengembangkan teori dan konsep yang digunakan pada penelitian ini.