Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri akademik dengan ketahanan akademik pada mahasiswa keperawatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan data menggunakan non probability sampling dengan menyebar kuesioner melalui google form dengan menggunakan accidental sampling dan teknik analisis data menggunakan metode analisa korelasi yang diolah melalui IBM SPSS 24. Responden pada penelitian ini mahasiswa keperawatan sebanyak 220 mahasiswa dengan kriteria laki-laki atau perempuan, yang berusia 18-25 tahun. Penelitian ini menggunakan dua alat ukur, yaitu The Academic Self-efficacy Scale (TASES) untuk mengukur efikasi diri akademik dengan nilai alpha cronbach?s 0,941 dan The Academic Resilience Scale (ARS-30) untuk mengukur resiliensi akademik dengan nilai alpha cronbach?s 0,875. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa koefisien korelasi pearson sebesar 0,408 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 (p<0,001). Hal ini menunjukkan adanya hubungan antara antara efikasi diri akademik dengan resiliensi akademik pada mahasiswa keperawatan.