Abstrak
LAZISMU Kota Depok merupakan salah satu lembaga kemanusiaan yang gencar mengajak masyarakat untuk melakukan donasi melalui media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh LAZISMU Kota Depok dalam meningkatkan minat donatur melalui media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Untuk menjelaskan permasalahan tersebut peneliti menggunakan teori Interaksionisme Simbolik dan konsep-konsep seperti strategi komunikasi dan komunikasi persuasif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LAZISMU Kota Depok melakukan strategi komunikasi dengan mengenal khalayak, menentukan tujuan, menyusun pesan, serta menentukan metode penyampaian dan media yang digunakan. Strategi komunikasi persuasif yang dilakukan oleh LAZISMU Kota Depok meliputi strategi psikodinamika, sosiokultural, dan konstruksi makna. LAZISMU Kota Depok juga menggunakan simbol, bahasa, dan makna yang terkandung dalam pesan melalui poster digital yang diunggah ke media sosial Instagram berdasarkan teori interaksionisme simbolik. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu komunikasi, khususnya komunikasi pemasaran sosial, serta bagi praktisi dan pengelola media sosial LAZISMU Kota Depok.