Abstrak
Dalam bertransaksi manusia menggunakan uang yang menjadi alat tukar dengan barang yang dibutuhkan. Seiring berkembangnya zaman dan teknologi muncul inovasi uang kertas yaitu terbentuknya uang digital. DANA merupakan layanan penyimpanan uang digital membuat sebuah iklan yang tentunya dalam iklan terdapat makna tersirat serta ide yang disematkan yaitu mengenai makna uang digital dalam iklan DANA Protection. Bagaimana makna uang digital dalam iklan DANA Protection? Paradigma yang digunakan penelitian ini yaitu konstruktivis yang bertujuan untuk menganalisis makna dalam iklan DANA Protection. Kemudian teori yang digunakan adalah teori Semiotika Ferdinand de Saussure yang dapat menganalisis makna yang terdapat dalam uang digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode penelitian menggunakan analisis semiotika Ferdinand de Saussure, dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi iklan DANA Protection, kemudian dokumentasi, wawancara dengan narasumber ahli, dan studi pustaka. Adapun teknik analisis data terdiri atas analisis teks, produksi teks, dan konteks. Hasil penelitian yang didapat dari analisis semiotika yang dilakukan adalah terdapat 3 makna uang digital dalam iklan DANA Protection, yaitu: (1) Uang digital memiliki kredibilitas untuk meyakinkan masyarakat dalam menggunakan uang digital. (2) Uang digital memiliki kepraktisan dalam penggunaan transaksi sehingga memberikan kemudahan bagi pengguna uang digital. (3) Uang digital memiliki sistem keamanan berlapis yang terjamin sehingga tidak perlu khawatir dengan hilangnya uang atau kejahatan siber lainnya.