Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dan konsep diri dengan kecemasan berbicara di depan umum pada siswa SMA. Skala yang digunakan untuk kepercayaan diri menggunakan teori Shrauger dkk. (1995), Personal Evaluation Inventory (PEI) (α = 0,888), variabel konsep diri menggunakan teori Parker (1966), Self- Concept Scale (α = 0,710), dan kecemasan berbicara di depan umum menggunakan teori McCroskey (1978), Personal Raport Communication Apprehension (α = 0,905). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 227 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survey dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah multicorrelation, pengolahan data menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada hubungan negtif signifikan antara kepercayaan diri dengan kecemasan berbicara di depan umum (r = -0,615; p <0,01), (2) Ada hubungan negatif signifikan antara konsep diri dengan kecemasan berbicara di depan umum (r = -0,433; p <0,01), (3) Ada hubungan positif signifikan antara kepercayaan diri dan konsep diri dengan kecemasan berbicara di depan umum (r = 0,615; p = <0,01). Maka dapat dikatakan pada ketiga variabel tersebut terdapat korelasi yang signifikan. Dengan demikian Ha dalam penelitian ini diterima.