Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh materialism terhadap
kesombongan pada generasi Millennial di Jabodetabek. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik accidental sampling.
Sebanyak 236 generasi Millennial yang memiliki penghasilan sendiri di wilayah
Jabodetabek menjadi responden dalam penelitian ini. Adapun teknik analisis
statistik yang digunakan ialah uji regresi linear sederhana dengan menggunakan
IBM SPSS versi 25. Instrumen yang digunakan untuk mengukur materialisme dan
kesombongan dalam penelitian ini yaitu Materilism Value Scale (MVS) yang
dikembangkan oleh Richins (2004) yang terdiri dari 15 item dengan α=0,886 dan
Vanity Scale (VS) oleh Netemeyer (1995) yang terdiri dari 21 item dengan
α=0,915. Hasil yang ditemukan menunjukkan bahwa materialisme memiliki
pengaruh positif signifikan terhadap kesombongan, yang artinya semakin tinggi
nilai materialisme maka semakin tinggi pula kesombongan yang ada pada
individu begitu pula dengan sebaliknya. Pengaruh variabel independen yang
ditemukan dalam penelitian ini sebesar 22,7% dengan 76,3% lainnya merupakan
pengaruh dari variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Untuk
penelitian yang akan datang dapat mereplikasi penelitian ini dengan populasi dan
segmen usia yang berbeda serta dapat menambah variabel penelitian seperti sikap
uang atau memfokuskan pada perbedaan budaya. Implikasi dalam penelitian ini
yaitu budaya, tekanan sosial, dan perilaku terhadap uang yang dapat mendorong
individu menjadi sombong.