Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh materialism terhadap kesombongan pada generasi Millennial di Jabodetabek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik accidental sampling. Sebanyak 236 generasi Millennial yang memiliki penghasilan sendiri di wilayah Jabodetabek menjadi responden dalam penelitian ini. Adapun teknik analisis statistik yang digunakan ialah uji regresi linear sederhana dengan menggunakan IBM SPSS versi 25. Instrumen yang digunakan untuk mengukur materialisme dan kesombongan dalam penelitian ini yaitu Materilism Value Scale (MVS) yang dikembangkan oleh Richins (2004) yang terdiri dari 15 item dengan α=0,886 dan Vanity Scale (VS) oleh Netemeyer (1995) yang terdiri dari 21 item dengan α=0,915. Hasil yang ditemukan menunjukkan bahwa materialisme memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kesombongan, yang artinya semakin tinggi nilai materialisme maka semakin tinggi pula kesombongan yang ada pada individu begitu pula dengan sebaliknya. Pengaruh variabel independen yang ditemukan dalam penelitian ini sebesar 22,7% dengan 76,3% lainnya merupakan pengaruh dari variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Untuk penelitian yang akan datang dapat mereplikasi penelitian ini dengan populasi dan segmen usia yang berbeda serta dapat menambah variabel penelitian seperti sikap uang atau memfokuskan pada perbedaan budaya. Implikasi dalam penelitian ini yaitu budaya, tekanan sosial, dan perilaku terhadap uang yang dapat mendorong individu menjadi sombong.