Abstrak
Kasus kanker payudara masih menjadi keganasan terbanyak pada perempuan dengan menunjukkan angka prevalensi yang cukup tinggi. Pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) merupakan langkah awal dalam upaya pencegahan untuk mempermudah mengenali tanda dan gejala kanker payudara. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh edukasi SADARI dengan media slide terhadap pengetahuan dan sikap SADARI. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimen pendekatan nonrandomized pre-test post test control group design. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2023 di SMA N 1 Bayah Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Populasi pada penelitian ini adalah siswi SMAN 1 Bayah siswi kelas XI. Sampel penelitian sebanyak 80 siswi terbagi menjadi dua kelompok. Pengumpulan data dilakukan dengan cara responden mengisi angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis uji Wilcoxon, paired sampel t-test uji, U Mann Whitney dan independent sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pengetahuan kelompok media slide sebelum 5.90 dan setelah 8.20, dan pada kelompok kontrol sebelum 5,10 dan setelah 5,7. Rata-rata sikap kelompok media slide sebelum 25,37 dan setelah 30,77 pada kelompok kontrol sebelum 20,27 dan setelah 21,60. Hasil uji wilcoxon pengetahuan adanya pengaruh media slide hasil p=0,000 lebih signifikan dari kelompok tanpa intervensi p=0,028. Hasil uji wilcoxon sikap kelompok media slide p=0,000 dan uji paired sample t test kelompok kontrol p=0,057, adanya pengaruh media slide terhadap sikap kelompok intervensi. Hasil uji mann whitney pengetahuan dan sikap memiliki perbedaan setelah intervensi kedua kelompok hasil p=0,000 yang berarti media slide memiliki pengaruh dibandingkan tanpa intervensi. Diharapkan pihak sekolah meningkatkan kerjasama dengan pelayanan kesehatan setempat melakukan penyuluhan secara berkala terkhusus untuk siswi remaja terkait SADARI.