Abstrak
Konsentrasi merupakan suatu kemampuan seseorang dalam memusatkan perhatian pada satu hal atau objek tertentu, dalam waktu relatif lama dan sangat diperlukan dalam proses belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Sarapan Pagi Dan Karakteristik Jenis Kelamin Dengan Konsentrasi Belajar. Penelitian dengan desain Cross Sectional melibatkan 137 siswa yang diambil secara simple random sampling. Konsentrasi diukur menggunakan stroop test. Pengukuran variabel bebas yaitu karakteristik jenis kelamin dan konsumsi sarapan pagi pengukuran variabel terikat yaitu Konsentrasi Belajar. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji statistik Chi square. Hasil univariat menunjukkan sebesar 57,7% siswa yang memiliki konsentrasi kurang baik, 55,5% siswa yang tidak melakukan sarapan pagi, 50,4% siswa berjenis kelamin perempuan. Hasil uji bivariat menunjukkan terdapat hubungan antara karakteristik jenis kelamin (Pvalue = 0,000), Konsumsi sarapan pagi (Pvalue = 0,000) dengan konsentrasi belajar pada siswa SMK Raflesia Depok. Oleh karena itu, diperlukan edukasi seperti penyuluhan guna untuk meningkatkan konsentrasi belajar terkait pentingnya mengkonsumsi sarapan pagi.