Abstrak
Konsentrasi merupakan suatu kemampuan seseorang dalam memusatkan
perhatian pada satu hal atau objek tertentu, dalam waktu relatif lama dan sangat
diperlukan dalam proses belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
Hubungan Sarapan Pagi Dan Karakteristik Jenis Kelamin Dengan Konsentrasi
Belajar. Penelitian dengan desain Cross Sectional melibatkan 137 siswa yang
diambil secara simple random sampling. Konsentrasi diukur menggunakan stroop
test. Pengukuran variabel bebas yaitu karakteristik jenis kelamin dan konsumsi
sarapan pagi pengukuran variabel terikat yaitu Konsentrasi Belajar. Analisis data
menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji statistik Chi
square. Hasil univariat menunjukkan sebesar 57,7% siswa yang memiliki
konsentrasi kurang baik, 55,5% siswa yang tidak melakukan sarapan pagi, 50,4%
siswa berjenis kelamin perempuan. Hasil uji bivariat menunjukkan terdapat
hubungan antara karakteristik jenis kelamin (Pvalue = 0,000), Konsumsi sarapan
pagi (Pvalue = 0,000) dengan konsentrasi belajar pada siswa SMK Raflesia Depok.
Oleh karena itu, diperlukan edukasi seperti penyuluhan guna untuk meningkatkan
konsentrasi belajar terkait pentingnya mengkonsumsi sarapan pagi.