Abstrak
Pola makan menjadi salah satu permasalahan yang dialami para remaja, salah satu masalahnya adalah remaja tidak mengonsumsi makanan dengan beragam yang dapat berdampak pada konsentrasi belajar serta kebugarannya. Upaya yang dapat dilakukan ialah memberikan informasi menggunakan media yang menarik berdurasi 5-10 menit dengan harapan pengetahuan dan sikap remaja terhadap makanan yang beragam bisa turut merubah kebiasaan makannya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh edukasi gizi terhadap kebiasaan makan menggunakan media audio-visual (video) pada remaja akhir di jenjang Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain studi pre-eksperimental dan metode yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Sampel penelitian sebanyak 96 remaja yang termasuk siswa SMA Negeri 1 Cibadak, Kabupaten Sukabumi dengan pengambilan data menggunakan teknik acak stratifikasi (proportionate stratified sampling). Pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk karakteristik responden (usia, jenjang kelas, dan jenis kelamin), pengetahuan remaja, dan sikap remaja, serta formulir food recall 1x24 jam untuk kebiasaan makan yang beragam. Analisis data menggunakan wilcoxon signed rank test untuk seluruh variabel. Hasil uji statistik didapatkan nilai p = 0,000 untuk variabel pengetahuan, sikap dan kebiasaan makan. Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan sebelum dan sesudah diberikan intervensi melalui media audio-visual pada siswa/I SMA Negeri 1 Cibadak, Kabupaten Sukabumi.