Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stres akademik dan manajemen waktu terhadap prokrastinasiakademik mahasiswa fakultas psikologi UHAMKA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan data dengan menyebar kuesioner melalui google formulir. Responden penelitian ini berjumlah 257 mahasiswa aktif fakultas psikologi dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Alat ukur manajemen waktu menggunakan skala Time Management Behavior Scale (TMBS) dengan Cronbach alpha 0.913 stres akademik menggunakan skala Academic Stress Inventory (ASI) dengan Cronbach alpha 0.933 dan prokrastinasi menggunakan skala Tuckman Procrastination Scale dengan Cronbach alpha 0.899.Data yang terkumpul dianalisis dengan uji analisis regresi linear berganda dengan bantuan IBM SPSS v.26. Hasil penelitian menunjukkan adanya kontribusi dari variabel stres akademik dan manajemen waktu keduanya sebesar 66,1% sedangkan 33,9% kontribusi variabel lain diluar jangkauan peneliti, dengan nilai (P<0,001). Artinya Ha3 diterima dan Ho3 ditolak. Adapun stres akademik terhadap prokrastinasi berkontribusi sebesar 46,5% dengan nilai (P<0,001), Ha1 diterima dan Ho1 ditolak. Sedangkan manajemen waktu berkontribusi terhadap prokrastinasi akademik sebesar 68,2% dengan nilai (P<0,001). Ha2 diterima dan Ho2 ditolak.