Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis Nonequivalent Control Class Design. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI A dan B SMA Cahaya Fadilah. Metode pengumpulan data dilakukan dengan melakukan perbandingan melalui tes berupa pretest dan posttestterhadap siswa kelas XI A yang berjumlah 28 orang dan kelas XI B dengan jumlah 29 orang dengan total keseluruhan siswa mencapai 57 siswa, dimana kelas A dijadikan sebagai kelas kontrol dan kelas B dijadikan sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan data penelitian kuantitatif dari hasil rata-rata kelas eksperimen yang diberikan perlakuan melalui Posttest mengenai pembelajaran bahasa arab melalui youtube dengan metode audio-visual mencapai 77,50% dari 28 siswa dengan perbandingan hasil rata-rata kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan hanya mencapai nilai posttest sebesar 55,17% dari 29 siswa. Hal ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa arab melalui youtube dengan metode audio-visual terbukti efektif dilakukan di SMA Cahaya Fadilah.