Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan latar belakang pendidikan dengan prestasi belajar bahasa Arab siswa di MTsN 39 Jakarta. Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Pada penelitian ini yang mnejadi sampel penelitian adalah siswa sekalas VII yang berjumlah 54 siswa di MTsN 39 Jakarta. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yang mana pengambilan sampel ini diambil atas dasar pertimbangan / tujuan tertantu. Pengumpulan data menggunakan Instrumen angkat/kuesioner dan dokumentasi. Data terkumpul dan dianalisis dengan uji korelasi sederhana dengan menggunakan program komputer SPSS 26.0.Berdasarkan hasil analisis data untuk pengujian hipotesis variabel X dan Variabel Y diperoleh rhitung sebesar 0.516 sedangkan nilai rtabel dengan N=54 pada taraf signifikansi 5% adalah 0,268 dengan memberikan kesimpulan bahwa rhitung lebih besar dari rtabel (0,516 > 0,268). Maka dapat disimpulkan bahwa (Ha) diterima atau terdapat hubungan antara latar belakang pendidikan dengan prestasi belajar bahasa Arab siswa.