Abstrak
Skripsi ini membahas tentang pengaruh remedial mata pelajaran PAI dan budi pekerti terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan kuesioner dalam pengumpulan data. Hasil data kuesioner diolah menggunakan bantuan program IBM SPSS Statistic 21 dan Microsoft Excel 2010. Populasi dalam peneitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 9 Tangerang yaitu sebanyak 404 orang. Dan teknik yang digunakan peneliti untuk pengambian sampel pada penelitian ini menggunakkan teknik purposive sampling karena siswa kelas X yang mengalami remedial tersebut berjumlah 138 orang siswa dari keseluruhan kelas X di SMA Negeri 9 Tangerang yang berjumlah 10 kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 8,695 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 1.656 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini 𝐻0 ditolak atau 𝐻1 diterima, jadi dapat dikatakan bahwa remedial mata pelajaran PAI dan budi pekerti memiliki pengaruh yang positif dengan peningkatan hasil belajar siswa di SMA Negeri 9 Tangerang, walaupun besarnya pengaruh berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi (𝑟2) tergolong rendah yaitu sebesar 0,357 atau 35,7%.