Abstrak
Penelitian ini mengkaji tentang efektivitas penerapan pendekatan komunikatif dengan teknik kolaboratif pembelajaran kalam pada mata pelajaran bahasa arab yang dilaksanakan terhadap siswa kelas IV di Madrasah Ibitdaiyah Sirojul Huda Jakarta sebagai subjek penelitian, dengan simple random sampling sebagai teknik penentuan subjek. Pendekatan komunikatif dengan teknik kolaboratif bermanfaat sebagai stimulus peserta didik untuk meningkatkan kepercayaan diri serta kefasihan dalam berbicara bahasa arab. Penelitian ini mengacu pada teori-teori belajar khususnya teori konstruktivitis dan behavior sebagai bentuk permasalahan serta pengembangan yang hendak dicapai. Pengolahan data dilakukan melalui Metode Kuantitatif dengan teknik Eksperimen Nonequivalent Control Group Design. Hasil dari penelitian ini terbukti bahwa adanya pengaruh yang signifikan dengan menggunakan pendekatan komunikatif dengan teknik kolaboratif yang diperoleh dari uji hipotesis yakni 0,000 dengan pengujian independent samples t-test setelah melakukan pengolahan data dengan bantuan aplikasi pengolah data Ms. Excel dan SPSS 26.0. Berdasarkan perhitungan menggunakan program SPSS diperoleh nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara nilai posttest kelas eksperimen dengan hasil posttest kelas kontrol. Hal tersebut disebabkan nilai Sig, (2-tailed) kurang dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Oleh karena itu dari hasil penelitian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa metode komunikatif efektiv dalam pembelajaran bahasa arab khususnya maharah kalam.