Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini merupakan kuantitatif di mana peneliti melakukan penelitian dengan metode angket sebagai data utama. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 49 Jakarta. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran angket via daring sebanyak 131 responden. Berdasarkan hasil penelitian kuantitatif menggunakan analisis Rank Spearman yang diolah melalui aplikasi SPSS diperoleh nilai signifikan (sig) sebesar 0,00 dan nilai korelasi hubungan sebesar 0,429. Sesuai dengan kriteria analisis Rank Spearman maka didapatkan sebuah kesimpulan bahwa terdapat hubungan signifikan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 49 Jakarta dengan kategori kekuatan hubungan yang cukup dan memiliki hubungan positif yang searah. Dengan demikian maka variabel perhatian orang tua memiliki hubungan dengan variabel motivasi belajar siswa, semakin tinggi perhatian yang diberikan oleh orang tua maka semakin tinggi pula motivasi belajar yang timbul pada diri siswa.