Abstrak
Bahasa merupakan sebuah alat komunikasi atau simbol yang paling penting dalam kehidupan manusia, dan bahasa Arab adalah bahasa kedua yang dipelajari oleh seseorang setelah diperolehnya bahasa pertama, kemudian sebagai pembelajar bahasa kedua membutuhkan sebuah lingkungan yang mendukung. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam tentang lingkungan bahasa dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab santriwati kelas VII Pondok Pesantren Islam Al-Mukmin Ngruki Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Adapun dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengatakan bahwa Lingkungan bahasa merupakan segala sesuatu yang dapat diperoleh dari penglihatan yang bersumber dari tulisan-tulisan yang berada di dinding pesantren dengan hal itu otak akan merekam setiap apa yang di lihat, begitu pula dengan pendengaran dan lingkungan bahasa di Pondok Pesantren Islam Al-Mukmin Ngruki Sukoharjo diklarifikasikan menjadi dua yaitu lingkungan bahasa formal dan lingkungan bahasa nonformal. Adapun dengan lingkungan bahasa formal contohnya ustad-ustadzah memberikan materi tentang bahasa Arab didalam kelas seperti kaidah-kaidah bahasa Arab dan struktur-struktur bahasa Arab. Sedangkan lingkungan bahasa nonformal terdapat kegiatan-kegiatan pendukung kebahasaan seperti kegitan tasji?ul lughoh, muhawwaroh, muhadhoroh, munadhoroh, mahkamah lughoh.