Abstrak
Media sosial merupakan ladang bagi penggunanya untuk melakukan eksperiman tentang banyak hal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh antara Self- Concept Clarity dan Jenis Kelamin terhadap Online Self-Presentation pada Pengguna Instagram. Penelitian ini melibatkan 110 responden remaja dengan 55 responden Perempuan serta 55 responden Laki-Laki yang memiliki kriteria yaitu berusia 13-18 tahun, Perempuan dan Laki-Laki, serta Pengguna Aktif Instagram. Adapun skala yang digunakan untuk penelitian ini adalah The Self- Concept Clarity Scale (SCC) (reliabilitas sebesar .737) dan The Self-Presentation on Facebook Questionnaire (SPFBQ) (reliabilitas sebesar .797). Penelitian ini dianalisis dengan teknik multiple regression. Hasilnya menunjukkan bahwa nilai R = .200 dan R2 = .000. Nilai probability value = 0.113 (p>0.05) artinya Self-Concept Clarity dan Jenis Kelamin tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Online Self-Presentation sebesar 0% sedangkan 100% dipengaruhi oleh faktor yang lainnya diluar penelitian ini. Oleh sebab itu H0 diterima. Diketahui juga koefisien β sebesar -0.435 menunjukkan bahwa online self-presentation kelompok Perempuan lebih tinggi dibandingkan kelompok Laki-Laki. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan bantuan software Statistcal Packages for Sosial Science (SPSS) versi 23.0.