Abstrak
Pandemi Covid-19 membuat siswa SD mengalami perubahan kegiatan pembelajaran menjadi daring. Perubahan ini berkaitan dengan kesejahteraan subyektif siswa. Faktor yang dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan subyektif siswa di sekolah adalah prestasi akademik (Huebner & Gilman, 2006) dan efikasi diri akademik. Prestasi akademik adalah sebuah tolak ukur keberhasilan siswa (Akram & Mahmood, 2010; Kadison & Di-Geronimo, 2004) dan berkaitan dengan keyakinan yang dimiliki untuk berprestasi dan mengerjakan tugas yang diberikan guru. Keyakinan ini disebut efikasi diri akademik, semakin tinggi keyakinan yang dimiliki maka semakin tinggi pula prestasinya. Semakin tinggi prestasinya, maka semakin tinggi pula tingkat kesejahteraan subyektifnya. Tujuan penelitian ini untuk menguji hubungan antara efikasi diri akademik dan prestasi akademik dengan kesejahteraan subyektif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan hipotesa alternatif menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara efikasi diri akademik dan prestasi akademik dengan kesejahteraan subyektif siswa SD pada pembelajaran daring masa pandemi Covid-19. Sedangkan hipotesa null menunjukkan tidak adanya hubungan yang signifikan antara efikasi diri akademik dan prestasi akademik dengan kesejahteraan subyektif siswa SD pada pembelajaran daring masa pandemi Covid-19. Sampel penelitian ini adalah siswa SDIT Citra Az-Zahra kelas 4-6 yang telah menjalankan pembelajaran daring. Instrumen penelitian dengan menggunakan Skala Efikasi Diri Akademik 20 item, rata-rata nilai raport 1 semester selama pembelajaran daring, SWLS 5 item dan SPANE 12 item. Hasil akhir penelitian dengan pengolahan multiple correlation menunjukkan adanya hubungan positif signifikan (r= .312) antara efikasi diri akademik dan prestasi akademik dengan kesejahteraan subyektif.