Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan, yaitu 1) untuk mengetahui hubungan kepribadian proaktif dan prestasi akademik jika dikontrol oleh variabel gender dengan korelasi partial; 2) untuk mengetahui hubungan antara kepribadian proaktif dan gender dengan menggunakan analisis korelasi spearman; 3) untuk mengetahui hubungan hubungan antara prestasi akademik dan gender dengan menggunakan analisis korelasi sprearman. Penelitian ini dilakukan pada remaja yang masih duduk dibangku SMA yang berada di Tagerang, Jakarta, dan beberapa Kota di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Sampel pada penelitian ini berjumlah 137 responden. Peneliti menggunakan proactive behavior scale untuk mengukur kepribadian proaktif (Kanten dan Alparslan, 2013), sedangkan untuk mengetahui gender dari dalam data demografis yang diisi oleh responden dan prestasi akademik dilihat dari nilai raport. Hasil korelasi prilaku proaktif dengan prestasi akademik yang dikontrol oleh variabel gender memiliki nilai R sebesar -0.034 dengan nilai P sebesar 0.697, artinya kepribadian proaktif tidak memiliki hungan yang signifikan terhadap prestasi akademik jika dikontrol oleh variabel gender. Selain itu ditemukan hasil korelasi antara kepribadian proaktif dengan gender dengan menggunakan analisis korelasi sprearman. Dari hasil analisis kedua variabel ini diketahui nilai R sebesar 0.076 dengan nilai P sebesar 0.378, artinya kepribadian proaktif tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap gender. Hasil lain ditemukan hasil korelasi antara prestasi akademik dengan gender dengan menggunakan korelasi spearman dan diketahui nilai R sebesar 0.010 dengan nilai P sebesar 0.912, artinya prestasi akademik tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap gender.