Abstrak
Pantene memilih Keanu Agl sebagai brand ambassador sekaligus model iklan karena Keanu Agl dilihat sebagai seorang selebgram dan youtuber yang dikenal oleh masyarakat sebagai sosok yang kerap mengibur dengan ciri khasnya sesuai dengan filosofi yang diterapkan oleh Pantene dapat menarik perhatian konsumen khususnya mahasiswa/I UHAMKA. Penelitian ini menggunakan teori Behaviorisme, SOR, dan teori modelling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, perspektif Post-positivisme, metode survei asosiatif yang menjelaskan hubungan (korelasi) antarvariabel. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling-proportionate stratified random sampling sebanyak 99 responden dengan penyebaran yang dilakukan pada Mei 2022. Hasil penelitian menunjukkan kualitas brand ambassador Keanu Agl berada pada kategori sedang cenderung tinggi dan untuk minat beli berada pada kategori tinggi cenderung sedang. Hasil uji korelasi parametic menunjukkan bahwa koefisien korelasi (r) senilai 0.984 berada pada kategori sangat tinggi, nilai signifikansi pada 0.01. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa brand ambassador Keanu Agl berpengaruh terhadap minat beli produk supplement conditioner di kalangan Mahasiswa/I UHAMKA. Secara akademis, penelitian ini memberikan deskripsi baru pada konsep ?brand ambassador?. Signifikansi akademis penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan tentang metode kuantitiatif. Signifikansi metodologis penelitian ini diharapkan dapat memperhatikan sumbangan pengetahuan pada metode kuantitatif, terutama metode survei eksplanatif. Signifikan praktis pada penelitian ini diharapkan tetap mengutamakan kualitas produk, karena bagi khalayak kualitas produk penting dibandingkan hanya melihat brand ambassador.