Abstrak
Dengan teknolgi semakin maju, kini munculah media sosial, selain untuk berkomunikasi media sosial juga sebagai media untuk mempromosikan suatu produk dan jasa. Pelaku usaha memanfaatkan beragam bentuk media sosial untuk memeperluas target pasar dan menarik minat beli konsumen. Strategi yang sering digunakan oleh pelaku usaha yaitu Celebrity Endorser. Pemanfaatan Celebrity Endorser membantu pelaku usaha dalam mempromosikan produk/jasa kepada pengguna media sosial mengenai produk yang di pasarkan. Penelitian ini menggunakan paradigma Post-Positivisme dengan konteks komunikasi massa, teori yang diaplikasikan adalah teori Social Learning-Modelling, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksplanatif. Metode pengumpulan data adalah survey. Populasi penelitian adalah followers akun Instagram @Fuji_an sebanyak 9,6 jt followers dengan sampel sebanyak 100 responden dihitung dengan rumus slovin dan didapat dengan menggunakan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket tertutup atau kuesioner, dan Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi Pearson?s Product Moment dan analisis Regresi Linear sederhana menggunakan software IBM SPSS versi 26. Hasil uji korelasi Pearson?s Product Moment menunjukan bahwa koefisien korelasi sebesar 0,436 berada pada kategori sedang. Nilai signifikan pada 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka korelasi signifikan. Hasil uji koefisien determinasi kontribusi kualitas Celebrity Endorser @Fuji_an kepada minat beli produk fashion Jiniso sebesar 39%. Dapat disimpulkan bahwa Celebrity Endorser @Fuji_an berpengaruh positif terhadap produk fashion Jiniso dikalangan followers akun Instagram @Fuji_an.