Abstrak
Program acara merupakan bentuk siaran yang mempunyai tujuan guna menghibur audiens dalam segala bentuk. Tarling millenial adalah program acara yang mngangkat tema tentang budaya daerah guna mengenalkan music daerah kepada millenial. Millenial dianggap sebagai target utama dari program ini karena usia anak millenial dapat membuat eksistensi tv tetap lebih bertahan. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui bagaimana strategi kreatif RCTV Terhadap Program Dalam Mempertahankan Eksistensinya Sebagai TV Lokal yang dikemas dalam format live music. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme dan teori kreatif Wallas. Pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah analisis kualitatif, metode pengumpulan data observasi, dan wawancara. Hasil temuan penelitian ini menunjukan bahwa Radar Cirebon Televisi menggunakan 13 strategi kreatif dari teori kreatif Wallas dan program ini dikemas dengan Live Music namun tetap ada unsur budaya nya.