Abstrak
Personal branding saat ini sudah dilakukan oleh setiap individu baik secara langsung maupun tidak langsung dan biasanya dibentuk seseorang melalui pekerjaan atau profesi yang dilakukan. Yulia Baltschun adalah salah satu influencer yang terkenal sebagai fitness model, chef dan diet specialist. Dalam membentuk personal brandingnya, Yulia menggunakan beberapa platfom dari media sosial salah satunya adalah Instagram. Pada penelitian ini, peneliti mendeskripsikan bentuk personal branding Yulia Baltschun berdasarkan 8 hukum Peter Montoya dan Konsistensi Yulia dalam menjalankannya. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan teori isi media karena peneliti menganalisis pesan dalam 15 postingan Instagram Yulia Baltschun. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah analisis isi. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara mendalam, studi pustaka dan dokumentasi. Metode analisis data yaitu menganalisis 15 postingan Instagram Yulia Baltschun dalam kurun waktu 01 Februari 2022 sampai 30 Juni 2022 berdasarkan likes dan views terbanyak dengan uji keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa personal branding Yulia melalui konten diet dalam postingannya sudah memenuhi 8 hukum personal branding Peter Montoya. Hukum yang menjadi kekuatan adalah spesialisasi dimana Yulia memiliki ablity,lifestyle,mission dan profession. Yulia juga konsisten dalam membentuk personal branding-nya sebagai influencer diet dan fitness dan tingkat keberhasilan Yulia Baltschun dalam membentuk personal branding-nya sangat tinggi. Dalam teori isi media bahwa pesan yang disampaikan dapat membuat Yulia mempertahankan bentuk personal brandingnya.