Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 88 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan kuisioner serta dokumentasi berupa nilai PAT kelas X IPA tahun pelajaran 2021/2022 dalam pengumpulan data. Hasil data kuisioner diolah dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 24 for Windows. Penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling dan menggunakan metode teknik Sensus/sampling total dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel semua. Pengambilan sampel yang digunakan adalah jumlah dari seluruh populasi yaitu 67 Siswa IPA kelas X SMA Negeri 88 Jakarta tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 88 Jakarta. Besarnya Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Hasil Belajar Siswa pada hasil analisis koefisien determinasi (Rē) sebesar 0,740 atau 74%.