Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menegathui peningkatan pengetahuan serta hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam dengan mengintegrasikan model flipped classroom dengan pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan desain One Group Pre-test ? Post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar bidang studi pendidikan agama islam pada bab pertumbuhan ilmu pengetahuan pada zaman bani abbasiyah kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran flipped classroom lebih tinggi daripada kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis, bahwa 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔>𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙, yaitu 10,46 > 1,65, berdasarkan hal tersebut, maka 𝐻1 diterima dan 𝐻0 ditolak. Hasil penelitian juga dapat dilihat dari nilai rata-rata posttest kelas ekperimen yakni 82,31 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol yakni 62,13. Serta dapat dilihat juga dari uji n-gain yang menunjukkan bahwa model flipped classroom memiliki nilai keefektifan yang tinggi, yaitu sebesar 72,66% dalam penerapannya, dibandingkan dengan kelas kontrol yang diterapkan metode konvensional yaitu hanya sebesar 38,52%. Jadi, kesimpulan dari penelitian ini yaitu, model flipped classroom berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 202 Jakarta.