Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peran guru agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas XI SMK Krida Taruna. Adapun yang melatarbelakangi penulis tertarik untuk melakukan penelitian didasarkan pada hasil pengamatan dan wawancara awal yang penulis lakukan dengan guru pendidikan agama Islam di SMK Krida Taruna, dimana masih ditemukan permasalah yang berkaitan dengan hasil belajar siswa. Hal itu dipengaruhi oleh beberapa faktor dan faktor yang paling dominan adalah kesulitan belajar. Subjek penelitian yaitu guru agama kelas XI sebagai data penguat hasil penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi lapangan yang meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dengan metode observasi dan wawancara mendalam yang dilakukan dengan guru agama Islam dapat disimpulkan bahwa 89% siswa kelas XI mengalami peningkatan hasil belajar dan 11% tidak mengalami peningkatan.