Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Self-efficacy siswa terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam di SMK Muhammadiyah 6 Jakarta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pretest posttest non-equivalent control group dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Muhammadiyah 6 Jakarta yang berjumlah 107 dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel 60 siswa. Hasil penelitian berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa : (1) skor rata-rata hasil belajar setelah perlakuan pada kelas eksperimen dan kontrol sebesar 93,3 dan berada pada kategori sangat tinggi; nilai-rata-rata Self-efficacy siswa pada kelas kontrol sebesar 83.2, menunjukkan tingkat Self-efficacy pada kelas kontrol tergolong sangat baik. Sedangkan rata-rata Self-efficacy siswa pada kelas eksperimen sebesar 93.8, menunjukkan tingkat Self-efficacy pada kelas eksperimen tergolong sangat baik. Pada uji hipotesis signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Self-efficacy pada kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan yang signifikan. Kesimpulan penelitian ini bahwa Self-efficacy berpengaruh terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam kelas X OTKP2 dan X AKL di SMK Muhammadiyah 6 Jakarta.