Abstrak
Latar belakang penelitian ini adalah Rohani Islam (ROHIS) merupakan organisasi internal sekolah yang dimana menjadi salah satu organisasi yang bertujuan untuk menambah wawasan peserta didik tentang pemahaman ilmu-ilmu agama Islam guna tercapainya tujuan Pendidikan, meningkatkan mutu pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap, memperluas cara berfikir peserta didik yang semuanya itu dapat berpengaruh pada hasil belajar peserta didik. Pendidikan Agama Islam sendiri merupakan salah satu bidang studi yang diharapkan dapat berperan di dalam upaya mendorong dan mengembangkan keyakinan agama peserta didik. Oleh karena itu saya melakukan penelitian ini guna mengetahui adakah pengaruh keikutsertaan peserta didik dalam Rohani Islam (ROHIS) terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan kuesioner dalam pengumpulan data. Hasil kuesioner diolah menggunakan bantuan program IBM SPSS Statistic 20 for Windows dan Microsoft Excel 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMA Negeri 91 Jakarta yang aktif pada tahun ajaran 2021/2022 serta aktif mengikuti kegiatan Rohani Islam serta masuk dalam struktur organisasi yaitu sebanyak 32 peserta didik. Hasil Penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara keaktifan mengikuti Rohani Islam (ROHIS) terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik SMA Negeri 91 Jakarta, dengan besarnya pengaruh berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi (Rē) tergolong rendah yaitu 0.305 yang mengandung pengertian bahwa variabel bebas (Keaktifan ROHIS) terhadap variabel terikat (Hasil Belajar PAI) adalah sebesar 30.5%.