Abstrak
Makanan jajanan merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari anak sekolah, perilaku mengkonsumsi jajanan tinggi lemak dan rendah serat dikaitkan dengan kejadian obesitas karena rendahnya pengetahuan dan sikap terkait makanan jajanan pada anak sekolah. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui pengaruh emodemo dengan media poster magnetik terhadap pengetahuan, sikap dan perilaku makan jajanan siswa obesitas. Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan metode pre and post test design. Sampel dalam penelitian ini 48 anak obesitas kelas IV dan V. Data pengetahuan dan sikap dikumpulkan menggunakan kuesioner sedangkan perilkau makan jajanan diidentikasi menggunkan formulir SQ FFQ. Data dianalisis dengan Uji Wilcoxon dan Uji Paired T Test, dimana hasilnya menunjukan adanya peningkatan rerata skor pengetahuan (16,45), sikap (5,67) dan adanya penurunan asupan energi (35,65 kkal) dan lemak (1,56 gram). Hal ini menunjukan adanya perbedaan yang signifika pada pengetahuan (p=0,000), sikap (p = 0,000), asupan energi (p = 0,000) dan asupan lemak (p = 0,000) setelah diberikannya emodemo jajanan sehat dengan media poster magnetik. Namun pada asupan serat didapatkan tidak adanya perubahan rata-rata (p = 0,719)