Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 13 Jakarta Selatan. Dan tujuan selanjutnya yaitu untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 13 Jakarta Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, sumber data yang digunakan pada penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, dan peserta didik yang berada di Madrasah Tsanawiyah Negeri 13 Jakarta Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancar dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari lapangan menunjukan peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah sudah dapat dikatakan memenuhi Standar Nasional Pendidikan dan berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari segi mutu pendidikan dan dilihat dari program kerja yang terlaksana dengan baik dari waktu ke waktu, kepala sekolah selalu mengadakan evaluasi dan supervisi dalam peningkatan mutu pendidikan dan kepala sekolah sudah memahami betul mengenai peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 13 tentang peran-peran yang harus dimiliki kepala sekolah, dan untuk mencapai target mutu yang diinginkan kepala sekolah selalu menjabarkan visi dan misi Madrasah.