Abstrak
Guru mempunyai 4 kompetensi yang salah satunya ialah kompetensi Sosial. Dalam hal ini peneliti berfokus dengan komunikasi guru harus mempunyai keahlian dalam berkomunikasi agar dapat menyampaikan pesan dan berinteraksi dengan baik. Karenanya penelitian ini bertujuan untuk menganalisa gaya komunikasi guru Pendidikan Agama Islam dalam berinteraksi di lingkungan sekolah SMK Negeri 56 jakarta. Penelitian ini mengunakan kualitatif deskriptif. Tempat penelitian di SMK Negeri 56 Jakarta dengan waktu penelitian yang dilakukan bulan juni- juli. Untuk Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dokumentasi serta pengolahan data menggunakan triangulasi sumber, dan metode analisis datanya mengunakan pengumpulan data, data reduksi, display data dan kesimpulan. Dari hasil wawancara dan kuesioner guru Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 56 berkomunikasi dengan gaya komunikasi yang baik secara efektif. Guru Pendidikan Agama Islam tidak pernah mengunakan gaya komunukasi pasif serta agresif. Gaya asertif ini menjadi gaya yang sering dilakukan secara terarah dengan menyesuaikan lawan interaksi serta dapat disimpulkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam mengunakan gaya komunikasi yang baik secara efektif di lingkungan sekolah SMK Negeri 56 Jakarta