Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh guru akidah akhlak dalam mengajar mata pelajaran akidah akhlak di MAN 1 Kota Bekasi. Penelitian ini dilaksanakan sejak Oktober 2021 hingga Juni 2022 dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini yaitu guru akidah akhlak dan siswa kelas XI di MAN 1 Kota Bekasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang digunakan oleh guru akidah akhlak dalam mengajar akidah akhlak siswa-siswi di MAN 1 Kota Bekasi yaitu ceramah, demonstrasi, jigsaw dan discovery. Berdasarkan temuan di lapangan guru menganggap strategi ceramah dalam mengajar akidah akhlak merupakan strategi yang terbaik, namun siswa beranggapan bahwa strategi demonstrasi, jigsaw dan discovery merupakan strategi terbaik. Selain itu ditemukan juga faktor pendukung dan faktor penghambat yang dialami guru dalam mengajar mata pelajaran akidah akhlak di MAN 1 Kota Bekasi, faktor pendukung yaitu kondisi sarana dan prasana di kelas yang tersedia dengan lengkap serta adanya kegiatan keagamaan di sekolah. Sedangkan faktor penghambat yaitu pengaruh teman yang malas, perkembangan teknologi yang tidak diimbangi dengan pemahaman yang baik, kondisi lingkungan sekitar yang kurang baik dan pergaulan yang buruk.