Abstrak
Permasalahan inti yang ada pada penelitian ini adalah kurangnya peningkatan kognitif peserta didik pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Pengaruh Flipped Classroom pada peningkatan kognitif peserta didik pada mata pelajaran PAI. Penelitian dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 6 Jakarta pada bulan Juni 2022. Sampel diambil secara purpose sampling yang terdiri dari kelas AKL sebagai kelas eksperimen dan kelas OTKP 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah sampel 60 peserta didik. Hasil uji hipotesis pretest pada kedua kelas menggunakan uji independent t-test pada α 0.005 diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,007 dengan kesimpulan H0 diterima H1 di tolak. Hasil uji hipotesis posttest pada kedua kelas menggunakan uji independent t-test pada α 0.005 diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,003 dengan kesimpulan H0 ditolak H1 di terima. Pembelajaran flipped classroom berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik, dapat dilihat dengan hasil N-gain kelas eksperimen 0,87 (tinggi), dan kelas eksperimen 0.705325785 (tinggi).