Abstrak
Dalam dunia Pendidikan kedisiplinan sangat penting karna dengan kedisiplinan suasana belajar akan lebih terarah dan kondusip, akan tetapi aktanya sikap disiplin merupakan hal yang sangat sulit bagi siswa untuk menerapkannya akan tetapi untuk melanggar kedisiplinan itu sangatlah mudah. Maka dari itu dalam menerapkan sikap disiplin ini membutuhkan sosok guru untuk membimbing kearah yang benar dan memotivasi serta memberi hukuman yang mampu mendisiplinkan siswa untuk mengikuti kedisiplinan dan tidak untuk melanggar peraturan. Karna disiplin sebuah kunci keberhasilan siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran guru akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa dan ingin mengetahui apa saja kendala guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. penelitian menggunakan metode kualitatif, mengummpulkan data dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa:1) sebagai pendidik, guru akidah akhlak mempunyai peran yang penting dan sangat besar dalam membentuk kedisiplinan di dalam kelas maupun di luar kelas. 2) faktor pendukung Dengan demikian faktor pendukung dengan memberikan hukuman sangatlah berpengaruh terhadap kedisiplinan siswa pada saat belajar didalam kelas, 3) faktor penghambat yang sering terjadi di dalam yaitu waktu yang sangat terbatas, dan metode belajar yang membuat siswa bosan serta kurangnya kesadaran siswa dalam kedisiplinan belajar