Abstrak
Penulis melakukan penelitian dalam ruang lingkup metode Tilawati dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang Al-Qur'an. Tujuan penelitian ini pertama, Mendeskripsikan metode Tilawati dalam meningkatkan pemahaman Al-Qur'an siswa kelas V di MI Ash-Sholihin Jakarta. Kedua, Mengetahui kendala yang dihadapi oleh guru dalam penyampaian pembelajaran Tilawati kepada siswa di MI Ash-Sholihin Jakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa: Implementasi metode tilawati dalam meningkatkan ketrampilan membaca Al-Qur'an di MI Ash-Sholihin Jakarta terdiri dari enam tahapan. Pertama, Sebelum membaca bersama-sama guru langsung memberikan contoh tentang materi pokok. Kedua, Siswa mendengarkan bacaan dari guru dan para siswa menirukan bacaan tersebut. Ketiga, Siswa membuka buku jilid masing-masing dan melakukan baca lalu tiru. Keempat, Siswa membaca lalu disimak oleh guru. Kelima, Siswa yang pertama kali membaca pertama lalu pindah lanjut di baris kedua dan seterusnya. Keenam, Setelah selesai siswa membaca ulang bacaan secara bersama-sama.