Abstrak
Penelitian ini bermula karna masih banyak guru yang menggunakan metode konvensional serta masih terdapat aktivitas belajar, kemandirian belajar dan tanggung jawab belajar siswa yang masih minim pada saat pelaksanaan pembelajaran dan terbatasnya waktu pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui seberapa berpengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Smk Nusantara Bojonggede. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pengambilan teknik menggunakan angket, dokumentasi dan observasi, populasi yang digunakan kelas XI OTKP 1 dan XI OTKP 2 dengan sampel yang digunakan berupa teknik sampling total. Selanjutnya, dilakukan teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil Uji Regresi Linier Sederhana dengan uji T diperoleh Thitung 3,766 > Ttabel 2,00100. Dan nilai siginifikan 0.000 < 0.005 Maka dapat disimpulkan adanya pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar siswa.